Mengenal Mikrokontroler

usahawan-maju

Mikrokontroller AT89S51          Mengenal Mikrokontroller. Mikrokontroler adalah salah satu trobosan teknologi mikroprosesor yang  hadir memenuhi kebutuhan pasar ( market needed ). Mikrokontroler sendiri merupakan semikonduktor yang mengandung transistor yang lebih banyak tapi hanya membutuhkan ruang kecil sebagai tempat penempatan dan dapat diproduksi secara besar-besaran, sehingga harganya lebih murah dan dapat terjangkau oleh seluruh kalangan masyarakat. Karena itu mikrokontroller sangat sesuai diterapkan untuk pengontrolan berbagai peralatan yang lebih canggih  dibandingkan dengan komputer, sebab effektivitas dan kefleksibelannya yang tinggi.
       Salah satu contoh pemakaian mikrokontroler pada umumnya adalah aplikasi mesin tiket, pada arena permainan(game), aplikasi pengukuran jarak, aplikasi  mainan anak-anak dll. Mikrokontroller juga digunakan sebagai peralatan utama dalam pembuatan alat-alat pengontrol pada proyek, namun yang akhir-akhir ini digunakan adalah mikrokontroller AT89S51, karena dengan tipe ini kita cukup menambahkan beberapa komponen luar dan mikrokontroller sudah mampu bekerja sesuai dengan program yang diberikan padanya.
         Contoh Mikrokontroller AT89S51 merupakan salah satu Tipe dari ATMEL dengan kapasitas 4 Kbyte Flash PEROM ( Programmable And Erasable Read Only Memory )
              Memori ini mampu dipakai untuk menyimpam instruksi ( perintah ) berstandar MCS-51 code yang memungkinkan mikrokontroler ini  Bekerja dalam modil single cjip operation ( mode operasi keping tunggal ) serta tidak memerlukan external memory untuk menyimpan source code tersebut.

Artikel Terkait :

Aplikasi Kamus Bahasa Jawa
Cara Instal File APK ke Emulator Android
Cara Belajar yang Baik
Belajar Hosting
Menampilkan Tulisan ke Layar dengan C++
Memahami Fungsi Pada C++
Apa itu Kernel?
Apa itu Framework ?
Apa itu Android ?

usahawan-maju
Mengenal Mikrokontroler | 5