Pengenalan Kernel

usahawan-maju

usahawan-maju - Dor,,,, hehehhe ketemu lagi. kali ini postingan saya membahas tentang kernel. Apa itu kernel? kernel adalah suatu sejenis perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah OS (Operating Sistem). Kernel ini bertugas melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses hardware atau perangkat komputer secara aman.Kalo sederhananya kernel bisa dikatakan sebagai jembata OS dengan Hardware.
Kernel dibutuhkan karena akses terhadap hardware terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program (multi program aplikasi) yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan (multi runing). Kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut (multiplexing)
Secara sederhana akses kepada perangkat keras secara langsung merupakan masalah yang kompleks, karena itu kernel biasanya mengimplementasikan sekumpulan abstraksi hardware. Abstraksi-abstraksi tersebut merupakan sebuah cara untuk menyembunyikan kompleksitas, serta memungkinkan akses kepada perangkat keras menjadi mudah dan seragam. Sehingga abstraksi pada akhirnya memudahkan pekerjaan programer dan user.
Sebenarnya untuk menjalankan sebuah komputer kita tidak harus menggunakan kernel sistem operasi. Sebuah program dapat saja langsung diload dan dijalankan di atas mesin (hardware), yaitu bilamana pembuat program ingin melakukan pekerjaannya tanpa bantuan abstraksi perangkat keras atau bantuan sistem operasi(kernel). Teknik ini digunakan oleh komputer generasi awal, namun bila kita ingin berpindah dari satu program ke program lain, kita harus mereset dan meload kembali program-program tersebut dari awal. Hehehe pilih mana sob. kernel ini sangat berguna pastinya. sekian postingan kali ini,
semoga bermanfaat.
by. Pengenalan Kernel

Artikel terkait :


Dapatkan Hosting Gratis disini : CLICK
usahawan-maju
Pengenalan Kernel | 5