Framework

usahawan-maju

Kali ini saya akan membahas sedikit tentang framework karena rasa penasaran saya. Dari beberapa pemograman yang saya temui ternyata lebih sering memanfaatkan framework sebagai sarana pengembangan program yang akan dibuat. Setelah muter-muter saya sedikit menerima kesimpulan yang cukup saya mengerti.
Secara sederhana framework adalah kumpulan fungsi (libraries), maka seorang programmer tidak perlu membuat fungsi-fungsi (biasanya disebut kumpulan library) dari awal, programmer tinggal memanggil kumpulan library (fungsi) yang sudah ada didalam framerwork, tentunya cara menggunakan fungsi-fungsi itu sudah ditentukan oleh framework. Contoh fungsi-fungsi standar yang telah tersedia dalam suatu framework adalah fungsi paging, enkripsi, email, SEO, session, security, kalender, bahasa, manipulasi gambar, grafik, tabel bergaya zebra, validasi, upload, captcha, proteksi terhadap XSS(XSS filtering), template, kompresi, XML dan lain-lain.

Banyak sekali framework berbasis PHP, diantaranya yang paling populer adalah Zend Framework, Symphony, Prado, CakePHP, CodeIgniter dan lain-lain.

Menurut beberapa survei, CodeIgniter adalah framework yang paling mudah dipelajari, karena keserhanaan strukturnya dan kelengkapan dokumentasinya yang baik. Selain itu, kerapian kode (clean and healthy code) dan ukurannya yang ramping membuatnya lebih cepat diakses dibandingkan dengan framework lainya.

Perlu diketahui juga nyaris (bahkan mungkin semua) framework menggunakan konsep yang sama dalam membangun suatu aplikasi, yaitu konsep MVC (Model View Controller). Kesimpulannya, kalau kita memahami MVC, maka secara garis besar kigta sudah menguasai framework, apapun jenis frameworknya. Dan satu lagi kuncinya, pemahaman terhadap OOP akan sangat membantu dalam menguasai framework. sekilas postingan kali ini tentang framework, semoga bermanfaat bro,,,,
Artikel Terkait :
http://usahawan-maju.blogspot.no/2013/04/aplikasi-kamus-bahasa-jawa-ii.html
http://usahawan-maju.blogspot.no/2013/04/cara-instal-apliksi-file-apk-ke.html
http://usahawan-maju.blogspot.no/2013/04/cara-belajar-yang-baik.html
http://usahawan-maju.blogspot.no/2013/04/hosting.html
http://usahawan-maju.blogspot.no/2013/04/menampilkan-tulisan-pada-layar.html
http://usahawan-maju.blogspot.no/2013/04/perintah-fungsi-pada.html

Dapatkan Hosting GRATIS disini :
http://www.000webhost.com/685133.html
usahawan-maju
Framework | 5