Belajar HTML dan CSS

usahawan-maju

              Wah bicara HTML dan CSS saya jadi pengen posting keduanya. Dalam bidang desain web, HTML dan CSS bisa dianggap sebagai sesuatu yang harus digunakan dalam menyusun suatu halaman web atau blog ( buat template ) maksudnya gan. Sangatlah wajar, karena dengan memanfaatkan perpaduan antara HTML dan CSS kita bisa menciptakan sebuah tampilan yang menarik, disukai mesin pencari. dan optimal dari segi kecepatan akses. Namun agar tidak bingung tentunya kita perlu tahu apa perbedaan antara HTML dan CSS.

HTML

HTML atau kependekan dari Hyper Text Markup Language berarti bahasa penandaan halaman suatu web.Dimana elemen HTML yang disebut dengan TAG digunakan untuk menyusun struktur isi dari suatu halaman web.
Contoh :
<h1>Cara Menulis Heading</h1>  <p>Disni Paragraf ditulis dalam HTML</p>  
dengan menggunakan tag diatas, browser akan menampilkan isi dengan tampilan baris awal bentuk heading 1, dan baris kedua adalah isi dari sebuah paragraf. Heading disini dianggap sebagai sebuah kata pembuka atau judul dari halaman tersebut. sedangkan paragraf adalah sebagai isi daripada halaman yang ditampilkan.
nah satu lagi, HTML bisa berdiri sendiri tanpa ada scip pendukung lainya seperti css.

CSS

CSS atau kependekan dari Cascading Style Sheet yang berarti pengatur gaya dokumen. Biasanya CSS dipakai untuk mengatur tampilan struktur isi dari halaman web yang ditampilkan.
Penulisanya :
h1 { color : #000;font-size:20px; }   .tengah { text-align:center; } //nama variable class  
Contoh diatas css mengacu pada header dan paragraf yang digunakan untuk mengatur format semua elemen h1 agar ditampilkan dengan warna:#000 (hitam) serta font-size:20px . Kemudian tengah adalah sebuah class yang dapat ditempelkan pada elemen tertentu seperti p, div, dll. Misal : <p class="tengah">..</p> sehingga format paragraf akan berubah menjadi rata tengah.

Kemampuan CSS lainya :

  1. Memformat banyak dokumen hanya dengan satu file css
  2. Mengatur susunan layout dokumen
  3. Mengatur tampilan dalam berbagai format output seperti printer, layar monitor, mobile dll
  4. Menambah fitur kontrol dokumen seperti show, hide, visible dll

Semoga Bermanfaat....


Artikel terkait :

usahawan-maju
Belajar HTML dan CSS | 5