Belajar Mengenal Printf dan Scanf

usahawan-maju

usahawan-maju | Cara Belajar C++ Scanf dan Printf

- Dasar belajar bahasa pemrograman yang paling sering dipelajari pada awal dan pertama kali adalah bahasa pemrograman C++. Selain dari bahasanya yang sederhana dan mudah dipahami, cara pembacaanya juga masih terstruktur, sehingga memudahkan kita saat belajar bahasa pemrograman ini. Bahasa pemrograman C++ ini termasuk bisa digunakan sebagai bahasa tingkat tinggi dan kadang juga bisa digunakan untuk memprogram microcontroller. Bahasa tingkat tinggi maksudnya bahaya yang bisa dipahami atau dimengerti manusia, walau terkadang susah, tapi masih bisa dipahami dengan logika manusia. Kemudian untuk kata atau perintah atau nama fungsi bawaannya sendiri mudah dikenali, seperti main, void, int, char dan lain sebagainya merupakan nama yang berasal dari bahasa inggris.
http://usahawan-maju.blogspot.com/2013/03/printf-dan-scanf.html

Apa itu scanf dan printf ?

Kedua perintah tersebut diatas merupakan dua perintah dasar yang saling berpasangan. Salah satunya berfungsi sebagai penampung variable dan yang satunya sebagai keluaran atau pemanggilan variable yang ditampung tadi untuk dipresentasikan agar bisa dilihat dan dimengerti hasilnya oleh pengguna applikasi yang akan kita bangun. Namun masih perlu diingat bahwa bahasa pemrograman C++ yang saya gunakan ini masih belum berbasis GUI, jadi tampilannya masih sederhana sekali. Namun jangan khawatir, belajar C++ tidak ada ruginya. Agar lebih jelasnya mungkin bisa sedikit coba saya jelaskan tentang scanf dan printf.
scanf adalah subscrib pada C++ yang digunakan untuk menyimpan nilai yang di inputkan kedalam variable penyangga setelah C++ menjalankan instruksi printf untuk menampilkan perintah menginput data atau sebuah masukan. contoh :

#include<stdio.h> //header
main()
{ char simpan;
 printf("Masukkan Nilai :");  // menampilkan tulisan "Masukkan Nilai :".
scanf("%c",&simpan);

 printf(" \n\n");  // menampilkan hasil enter 2x
 printf(" ini nilai simpanan : %c",simpan);  //menampilkan tulisan "ini nilai simpanan :" dan nilai yang diketikan
//sebelumya atau nilai variable simpan yang disimpan
}




Kedua nama fungsi diatas itu yang akan paling sering kita gunakan. Kita juga akan memerlukan fungsi-fungsi lain, atau bahkan membuat sebuah fungsi buatan yang akan kita buat untuk kita gunakan secara berulang kali. Jika ingin belajar membuat fungsi buatan pada C++ bisa baca disini. Jangan ragu mencoba walau hasilnya gagal, pasti suatu saat walau lama kita akan memahami yang sedang kita pelajari.hehehe bingung tidak gan?jangan bingung, gampangkan :)


usahawan-maju
Belajar Mengenal Printf dan Scanf | 5