Cara Membuat "Nyawa" Pada Game Dengan Greenfoot

usahawan-maju

usahawan-maju | Cara Membuat "Nyawa" Pada Game Dengan Greenfoot


- Pada saat kita bermain sebuah Game pasti kita akan diberikan misi dan apabila gagal akan ada resiko yang akan kita terima, misalnya saja Nyawa berkurang atau Score kita yang berkurang. Demikian halnya yang akan coba kita terapkan pada Game yang akan kita buat. Sebenarnya cara membuatnya cukup sederhana. Anda hanya perlu memanggil liberarry List yang dimiliki oleh greenfoot dengan cara import. Agar lebih jelas mungkin jika kita langsung mencoba memasukkan secript berikut pada kelas Katak.class,  scriptnya sebagai berikut :

import greenfoot.*;  // (World, Actor, GreenfootImage, Greenfoot and MouseInfo)
import java.util.List;

Sebagai keterangan tanda * menunjuk pada semua perintah, sub class yang berada di dalam class greenfoot. Sedangkan java.util.List adalah penunjukan secara spesifik pasa List yang terdapat pada util yang dimiliki java. Setelah dua perintah import itu anda masukkan barulah kita membuat kondisi dan nama objec baru yang dalam object yang menyebabkan Nyawa berkurang.Script tersebut diketik didalam block public void act () . Berikut script yang saya maksud :

public void act ()
{
/* jika object katak dari kelas Katak.class menyentuh object kelas sepatu. Dimana object sepatu adalah dari kelas Sepatu.class. */

      if (getOneObjectAtOffset(0, 0,Sepatu.class)!=null)

            {   //membuat list dengan nama Lstjantung berasal dari kelas jantung

               List Lstjantung=getWorld().getObjects(jantung.class);

                 // membuat kondisi jika jantung tidak sama dengan nol atau masih mempunyai nyawa
                if (Lstjantung != null && Lstjantung.size()>0)
                {
              //membuat object dengan nama jantung2 atau bisa juga duplikasi object jantung
                    jantung jantung2=(jantung)Lstjantung.get(0);

             //perintah menghilangkan nyawa atau mengurangi nyawa dari jantung2
                    getWorld().removeObject(jantung2);
                }
          }
}

http://usahawan-maju.blogspot.com/2014/06/cara-membuat-nyawa-pada-game-dengan.html
Deskripsi singkat contoh Script diatas saya potong dari Game Injak Katak. Saat Game dijalankan, kursor akan berubah menjadi sepatu, kemudian misinya adalah operator harus menginjak katak berwarna hijau, tapi jika gagal Nyawa akan berkurang.

Kalau sudah silahkan jalankan aplikasi game anda, tetapi sebagai catatan ini hanya sepotong bagian script khusus untuk membuat Nyawa dan mengurangi dari Nyawa yang kita buat sehingga Game terkesan lebih menantang karena berkurangnya Nyawa apabila kita gagal dalam misi. Kira-kira kurang lebihnya seperti itu, jika mati nyawa berkurang, sehingga jika nantinya Nyawa habis maka game akan berkahir. Demikian Cara Membuat "Nyawa" Pada Game Dengan Greenfoot. Sederhana sekali bukan, selamat mencoba semoga bermanfaat. Jangan lupa baca Cara Membuat Game yang lain.
usahawan-maju
Cara Membuat "Nyawa" Pada Game Dengan Greenfoot | 5