Cara Membuat Menu Dengan Array dan Handling Error

usahawan-maju

usahawan-maju | Cara Membuat Menu Dengan Array - Terimakasih sudah menyempatkan diri untuk membaca postingan ini. Kali ini kita akan coba belajar mengenal array, namun sebelumnya jika kita mau mempelajari ini akan lebih baik jika kita sudah memahami type data sampai pemahaman kita dalam membedakan kegunaan masing-masing type data yang telah kita pelajari. Penggunaan type data yang tepat sangat membantu kerja applikasi dan kelancaran dalam pembuatan applikasi yang dibangun serta penghematan size dan source code .  

Dalam bahasa pemrograman kita akan lebih banyak memanfaatkan array ketika kita mengolah data yang banyak. Array ini terkadang juga bisa digunakan sebagai salah satu cara kita untuk mengirimkan data kedalam bahasa pemrograman lain. Pada kasus ini saya alami ketika belajar android saat passing data ke database mysql. Proses pemindahannya sendiri memerlukan bantuan bahasa pemrograman PHP agar bisa diolah dan disimpan kedalam databese mysql, tentunya file yang berisi source code PHP ini berada terpisah dari applikasi android yang dulu saya pelajari.
Belajar Array sangatlah berguna, apalagi kalau kita sudah bisa membuatnya atau mengaplikasikannya pada suatu bahasa pemrograman.

Agar lebih jelasnya dan semoga bisa membantu anda yang sedang belajar, berikut adalah salah satu pemanfaatan array pada bahasa pemrograman C++, sebagai dasar dan pemahaman dari array. ini adalah Cara Membuat Menu Dengan Array pada C++ (turbo 45)

#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <stdio.h>

main ()
{
char nama[10][20];
char alamat[20][20];
char ulang;
int banyak,a,d;
cout<<"Masukkan Data Sebanyak : ";
cin>>a;
for (int i=1;i<=a;i++)
{
clrscr();
cout<<"masukkan data sebanyak : "<<a<<endl;
cout<<"Data ke- : "<<i<<endl;
printf("Masukkan Nama : "); scanf("%s", &nama[i][20]);
printf("Alamat        : "); scanf("%s", &alamat[i][20]);
}
clrscr();
cout<<"\n NO| Nama  | Alamat  \n";
d=4;
for (int e=1;e<=a;e++)

{ gotoxy(2,d);cout<<e;gotoxy(6,d);printf("%s",&nama[i-a+1]);gotoxy(13,d);printf("%s",&alamat[i-a+1]);
i++;
d++;
}
http://usahawan-maju.blogspot.com/2013/12/cara-membuat-menu-dengan-array.html 

Silahkan anda coba dan hasilnya adalah seperti pada gambar yang saya tampilkan. Kalau masih ada error bisa coba dicek dulu atau dengan melakukan handling error. Untuk pemula bisa jadi akan sangan susah menangani handling error yang disebabkan kesalahan dalam aplikasi script di dalam bahasa pemrograman. Karena itu saya coba sertakan vidio berikut ini yang saya harapkan bisa sedikit membantu dalam handling error Applikasi anda :



Semoga Artikel Cara Membuat Menu Dengan Array dan Handling error bermanfaat dan selamat membaca artikel yang lain ,,,seperti Cara Membuat For Bersarang pada c++ disini


usahawan-maju
Cara Membuat Menu Dengan Array dan Handling Error | 5