Membuat Bash Arrays Sederhana

usahawan-maju

Artikel Membuat Bash Arrays Sederhana saya buat sebagai catatan saya atas script bash yang pernah saya buat. Saya membutuhkan array karena membutuhkan proses yang akan saya looping pada script bash. Misalnya saya membutukan membuat 20 direktori dengan nama yang berbeda beda. Maka saya hanya menyimpan nama - nama direktori pada array dan melakukan looping dengan bash script yang saya buat. Saya contohkan pada gambar sebagai berikut :

Membuat Bash Arrays Sederhana


Secara sederhana penjelasan script diatas adalah #!/bin/bash sebagai pembuka awal baris paling atas sebagai penanda kalau isi file tersebut adalah bashscript. kemudian pada baris kedua mulai diisikan baris2 perintah. baris x=(folder1 folder2 folder3) mendeklarasikan bahwa variable x adalah sebuah array yang menampung nama folder1,folder2, dan folder3. kemudian variable itu dipanggil dan dieksekusi dengan perintah for :

for (( i = 0; i < ${#x[*]}; i++ )); do
mkdir ${x[i]}
done

didalam perintah for menjalankan perintah mkdir untuk membuat direktori, dan itu akan dieksekusi sebanyak isi dari array x.
Demikian sedikit post kali ini semoga bisa membantu Membuat Bash Arrays Sederhana.
usahawan-maju
Membuat Bash Arrays Sederhana | 5