Beberapa Model Layanan pada Cloud Computing

usahawan-maju

usahawan-maju | Beberapa  Model Layanan pada Cloud Computing - Pada awalnya saya sendiri bingung apa yang dinamakan cloud computing dan istilah-istilah yang ada didalamnya, Namun setelah membaca beberapa artikel cloud computing lambat laun juga memahami cloud computing itu sendiri. Namun juga terkadang masih tanya sana dan sini untuk menambah pemahaman cloud computing lebih dalam. Berdasarkan yang saya dapatkan saat ini model layanan utama cloud computing digabarkan sebagai berikut :


http://beberapa-model-layanan-pada-cloud


Penjelasan tentang layanan yang dimilik pada Cloud Computing bisa dijelaskan sebagai berikut :

1. Software-as-a-Service (SaaS)
Layanan ini adalah dimana pelanggan tidak perlu membeli software yang digunakan, tetapi pelanggan bisa menyewa software yang digunakan untuk dipergunakan dalam bentuk penyewaan atau model pay-per-use sebagai biaya operasional (Opex) sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pelanggan itu sendiri.

2. Platform-as-a-Service (PaaS)
Layanan ini diartikan bahwa vendor sebagai penyedia layanan memberikan sarana kelengkapan pengembangan kepada pengembang aplikasi, yang mengembangkan aplikasi dan memberikan layanan lewat platform penyedia layanan. Kemudian sebagai penyedia layanan pada dasarnya mengembangkan kakas (toolkit) dan standar untuk pengembangan, dan saluran untuk pendistribusian dan pembayaran. Kemudian penyedia layanan menerima pembayaran sebagai penyedia platform dan penjualan serta pendistribusian layanan. Hal ini mempercepat propagasi aplikasi software, dengan biaya rendah masuk dan pemanfaatan saluran yang sudah terbangun untuk melayani permintaan pelanggan. 

3. Infrastructure-as-a-Service (IaaS) 
Pada layanan ini djelaskan vendor penyedia layanan menyediakan infrastruktur untuk menjalankan aplikasi, dengan model pembayaran pay-per-use dan memberikan skala layanan sesuai yang dibutuhkan pelanggan. Selain itu penyedia layanan dapat membangun infrastruktur yang bisa melayani puncak permintaan dan menambahkan kapasitas sesuai kebutuhan pelanggan. Kemudian pelanggan membayar sesuai daya yang dibutuhkan, besarnya tempat penyimpanan data, dan seterusnya sesuai kapasitas yang dipakai oleh pelanggan.

Dari 3 model layanan cloud computing bisa kita bayangkan bahwa cloud computing menggunakan jaringan internet, ada sebuah aplikasi atau software yang digunakan atau disewa oleh user atau konsumen, dan aplikasi itu bisa dikembangkan atau tidak tergantung dari pemilik aplikasi yang menyewakan. Namun untuk kategorinya bisa kita bandingkan sendiri termasuk layanan yang manakah sebuah aplikasi atau software yang kita sewa berdasarkan kegunaannya. Semoga bermanfaat, cari bacaan sebanyak-banyaknya.

Jurnal TELEMATIKA MKOM, Vol.2 No.2, September 2010 ISSN 2085-725X
usahawan-maju
Beberapa Model Layanan pada Cloud Computing | 5