Eclipse Android

usahawan-maju

Eclipse Android - Sebelum membuat sebuah aplikasi android pertama kali yang kita butuhkan adalah sebuah software yang bisa digunakan untuk develope aplikasi android. Banyak sekali pilihan software tersebut, tentunya dengan bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Pada bahasa pemrograman Visual Basic, kita bisa menggunakan software basic4android untuk develop aplikasi android, Kemudi software unity untuk membuat gane 3D, delpi, html5, eclipse dan android studio untuk bahasa pemrograman java dan masih banyak lagi.

Pada postingan ini tidak membahas semua software tersebut, namun hanya akan mengenalkan Eclipse Android sebagai software untuk develop aplkasi android. Anda bisa mendapatkan software ini di web-nya developer.android.com dan cari SDK (Software Development Kit) atau ADT (Android Development Tool) kemudian download, dalam file rar ata zip yang anda download tersebut sudah terdapat beberapa tool untuk membuat aplikasi beserta emulatornya, namun untuk mendapatkan variasi emulator yang lebih banyak kita harus melakukan upgrade atau mendownload lagi file yang dibutuhkan.
Eclipse Android cukup ringan karena aplikasi ini tidak membutuhkan install, cukup kita jalankan file exe yang bernama eclipse pada folder eclipse aplikasi ini akan berjalan secara normal dan siap digunakan. Jika ingin mempermudah penggunaan aplikasi, anda bisa membuat shortcut-nya di desktop anda.
http://usahawan-maju.blogspot.com/2014/09/eclipse-android.html
Pengembangan aplikasi android dengan Eclipse menggunakan dasar bahasa pemrograman java, namun sudah lebih khusus di Android. Hal ini terlihat dari banyak nya perlakuan import android library dan source code yang lebih mengacu ke android.
Eclipse dan SDK sebagai folder lokasi penyimpanan file emulator adalah satu paket file yang tidak dapat dipisahkan, karena tanpa adanya emulator, script yang kita buat tidak akan bisa dilihat hasilnya saat kita melakukan start untuk ujicoba compailing aplikasi, kecuali jika kita ingin melakukan testing langsung diperangkat, hal ini tidak terlalu bermasalah.
usahawan-maju
Eclipse Android | 5