Pengenalan Visual Basic 6.0

usahawan-maju



http://usahawan-maju.blogspot.com/2013/12/pengenalan-visual-basic-60.html

usahawan-maju | Pengenalan Visual Basic 6.0

- Siapa yang tidak mengenal visual basic, setiap programer pasti mengenal yang namanya visual basic. Visual basic 6.0 merupakan slah satu bahasa pemrograman yang cukup popular dan mudah untuk dipelajari untuk siapa saja yang berminat tentang pemrograman. Visual basic sendiri banyak versinya dari yang pertama sampai dengan yang sekarang sudah memasuki versi VB.net atau visual basic 2012, yang pastinya penambahan fitur-fitur yang berbeda disetiap versinya patut kita puji.

Pada visual basic pertaman kita hanya bisa membuat applikasi yang tampilan layarnya hitam dan putih saja, tidak menarik dan sifat pembacaan script programnya terstruktur. Namun dengan Visual basic 6 Anda dapat membuat program dengan tampilan aplikasi GUI (Graphical User Interface) atau program yang memungkinkan  pemakai computer berkomunikasi dengan computer tersebut dengan menggunakan modus grafik atau gambar. Sehingga akan membuatan program menjadi lebih menarik dan interaktif dibandingkan membuat program dengan C++ atau QBasic sebagai pemrograman terstruktur lainnya.

Jangan lupa Microsoft Visual basic 6.0 juga menyediakan fasilitas yang memungkinkan anda untuk menyusun sebuah program dengan memasang objek-objek grafis dalam sebuah form. Selain itu Visual Basic juga menawarkan berbagai kemudahan dalam mengelola sebuah database. Mungkin akan lebih baik jika kita juga mengenal kelebihan dan kelemahan dari Visual basic itu sendiri :

Kelebihan Visual basic :

1.    Termasuk bahasa pemrograman yang sederhana. Perbandingannya adalah banyak hal yang mungkin saja sulit dilakukan ( penggunaan tool pada interface ) jika kita menggunakan bahasa pemrograman lain, namun dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan Visual basic.

2.    Visual basic pernah sangat populer, sehingga sangat banyak sumber-sumber dan referensi yang dapat kita gunakan saat belajar dan mengembangkan kemampuan. Sumber tersebut baik berupa buku atau tersedia juga di web site .

3.    Banyak plugin atau tools yang bisa kita dapatkan secara gratis maupun tidak di Internet, dimana plugin atau tools ini yang akan sangat membantu menghemat waktu kita dalam melakukan pemrograman.

Kelemahan Visual basic :

1.    Seperti yang kita tahu Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang powerful (bisa digunakan apa saja), namun sebenarnya bahasa pemrograman ini tidak terlalu bagus untuk membuat games yang benar-benar memuaskan untuk end user.

2.    Proses pembacaan lebih lambat dibandingkan bahasa pemrograman lain.

Kalau  anda sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman visual basic dan ingin membuat report bisa langsung baca ini Cara Membuat Report Pada Visual Basic 6
usahawan-maju
Pengenalan Visual Basic 6.0 | 5