Normalisasi Database

usahawan-maju


Hasil pertemuan materi Pengantar Basis Data adalah tentang Normalisasi Database. terimakasih kepada pak.wiwit. langsung saja ini adalah beberapa hal yang saya dapat.
Sebuah tabel dapat dikategorikan baik (efisien) atau normal, jika memenuhi tiga kriteria berikut:
Jika ada dekomposisi (penguraian) tabel, maka dekomposisinya harus dijamin aman (Lossless-Join Decomposition)
Terpeliharanya ketergantungan fungsional pada saat perubahan data (Dependency Preservation)
Tidak melanggar Boyce-Code Normal Form (BCNF), jika kriteria ini tidak dapat terpenuhi maka minimal tabel tersebut tidak melanggar bentuk normal ketiga (3NF)
1. Dekomposisi yang benar terjadi jika tabel-tabel hasil dekomposisi digabungkan kembali maka dapat menghasilkan tabel awal sebelum di dekomposisi. (Loseless Join Decomposition/Dekomposisi Aman)
2. Dalam melakukan perubahan data, maka harus bisa dijamin agar perubahan tersebut tidak menghasilkan inkonsistensi data yang mengakibatkan KF yang sudah benar menjadi tidak terpenuhi. (Dependency Preservation/Pemeliharaan Ketergantungan)
3. Sebuah tabel dikatakan berada dalam BCNF jika semua KF dengan notasi X à Y, maka X harus merupakan superkey pada tabel tersebut.
Jika tidak demikian, maka tabel tersebut harus di-dekomposisi berdasarkan KF yang ada hingga X menjadi superkey dari tabel hasil dekomposisi
usahawan-maju
Normalisasi Database | 5