Cara Menggunakan SubQuery, Multiple Row MySQL

usahawan-maju

Cara Menggunakan SubQuery, Multiple Row MySQL


usahawan-maju | - Saat posting ini kebetulan saya sedang ingat tentang penggunaan Multiple Row yang sangat bermanfaat sekali jika kita akan menyeleksi keberadaan data dalam table, dimana data yang akan kita tampilkan adalah data dengan pembanding terdapat pada table yang berbeda. 

Jadi kita misalkan kita punya 2 table dengan nama yang berbeda. Kemudian kita akan menampilkan isi dari table pertama dengan syarat data tersebut juga terdapat pada table ke dua. Secara sepintas kita cukup menggunakan perintah join atau pemanggilan dua table dan penyaringan Where field.tb1= field.tb2. Namun kemudian muncul pertanyaan jika kita ingin menampilkan data pada tabel pertama dengan penyaringan beberapa data atau sebagian data table kedua yang ada pada table pertama.

Coba kita pecah menjadi kita seleksi terlebih dulu data dari table dua yang akan digunakan untuk menyeleksi data dari table pertama, kemudian hasilnya akan kita gunakan untuk menyaring data table pertama yang kemudian hasilnya akan ditampilkan pada layar komputer. Bisa kita simpulkan, kita membutuhkan dua perintah select data yang dijalankan secara berurutan sehingga kita bisa mendapatkan hasil tampilan data yang kita inginkan. 

Langkah yang saya maksudkan sebagai berikut : 
Saya misalkan penyaringan data pada table kedua sebagai berikut : 

Select b.kode_komponen from tb_kode b where kode="KD-005";

kemudian hasilnya dari seleksi tersebut kita gunakan untuk menyaring data pada table pertama. Kurang lebih sebagai berikut :

SELECT * FROM tb_kode Where kode_komponen=(hasil seleksi table kedua);

hasil dengan subQuery :

SELECT * FROM tb_kode Where kode_komponen IN (Select b.kode_komponen from tb_kode b where kode="KD-005");

http://usahawan-maju.blogspot.com/2015/07/cara-menggunakan-subquery-multyple-row.html

Demikian penggunaa subQuery secara sederhana. Anda bisa mengembangkannya sesuai dengan kondisi sistem yang akan anda bangun. Jika diatas saya contohkan menggunakan IN anda bisa menggunakan NOT IN  untuk menampilkan data yang tidak ada pada hasil seleksi pada table kedua. Selain IN juga bisa menggunakan ALL dan ANY . Selamat bereksperimen kawan, jangan takut mencoba walau gagal :) 
usahawan-maju
Cara Menggunakan SubQuery, Multiple Row MySQL | 5