Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Prosedure, Pewarisan dan Abstark pada Java Alice

usahawan-maju

Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Prosedure, Pewarisan dan Abstark pada Aliceusahawan-maju|Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Prosedure, Pewarisan dan Abstark pada Java Alice -  Akan tiba suatu saat, procedure yang tersedia di Alice tidak sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Contohnya, seekor fish butuh  untuk “swim”, akan tetapi class fish tidak mempunyai procedure bawaan “swim”. Padahal, semua ikan butuh untuk menggunakan  procedure “swim”  tersebut. Sesi ini akan menunjukkan bagaimana cara untuk mendeklarasikan (“membuat”) procedure baru, serta memberikan banyak objek untuk mengakses procedure tersebut sekaligus.

Inheritance
Dalmatian adalah salah satu jenis anjing. Ketika seekor anak dalmatian lahir, Dia akan mewarisi dua jenis characteristics:
• Semua characteristics dari class anjing (or “superclass”), termasuk empat kaki, dua mata, bulu, dan kemampuan untuk menggonggong.
• Semua characteristics dari class dalmatian dog (the “subclass”, merupakan subset dari class anjing), seperti bulu putih, bintik hitam, dll.

Click pada menu drop-down hierarchy class di code editor untuk melihat daftar class dan subclass di animasi anda. Pilih class untuk melihat procedure dan propertis lain yang diwariskan.

Procedural Abstraction
Sebuah objek, atau beberapa objek, mungkin menjalankan pengulangan pergerakan yang sama. Sebagai contoh, lima ikan yang berenang bersama. Hal ini akan memerlukan banyak procedure untuk
memprogram pergerakan berenang untuk setiap ikan, memakan banyak tempat di myFirstMethod. Kadang - kadang, procedure bawaan yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aksi tidak tersedia untuk objek. Contohnya, seekor burung butuh untuk terbang, tetapi tidak ada method bawaab untuk terbang yang tersedia untuk objek burung. Banyak procedure dibutuhkan untuk menyelesaikan misi tersebut, dan akan memakan banyak tempat di myFirstMethod. Tinjau kembali code yang telah ditulis atau tekstual storyboard untuk mengidentifikasi dan  merencanakan procedures untuk deklarasikan di program anda. Memisahkan pergerakan ke dalam procedure dapat:

• menyederhanakan code dan membuat mudah untuk di baca
• Membuat banyak objek bisa menggunakan procedure yang sama
•Membuat subclasses dari superclass untuk bisa menggunakan procedure tersebut

Untuk mengidentifikasi bagian dari code yang dapat memberikan keuntungan dengan meletakkanya di procedure, lihat bagian di bawah ini:
• Pergerakan yang tidak mempunyai procedure bawaan, seperti burung terbang. Ini memerlukan program untuk mengepakkan sayapnya secara berulang sambil bergerak maju.
• Pergerakan yang butuh digunakan oleh banyak objek atau class, seperti semua hewan berkaki empat dalam animasi perlu tahu bagaimana untuk melompat naik dan turun..
• Gerakan tunggal yang memerlukan banyak pernyataan pemrograman dan memakan banyak ruang di myFirstMethod, misalnya orang yang berjalan banyak bagian tubuh untuk digerakkan. Pindah code ini ke dalam prosedur tersendiri

Contoh Procedural Abstraction
Di storyboard berikut ini, Burung terbang dengan mengepakkan sayapnya sambil bergerak maju. Perulangan pergerakan ini dapat di masukkan ke procedure terbang sendiri.

Do together
Bird flies
Bird moves forward
...
Do together
Bird turns right shoulder backward
Bird turns left shoulder backward
Bird moves forward
Do together
Bird turns right shoulder forward
Bird turns left shoulder forward
Bird moves forward

jangan lupa baca dulu dasar pembatan animasi dengan alice disini.
usahawan-maju
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Prosedure, Pewarisan dan Abstark pada Java Alice | 5