Cara Membuat Jam Digital dengan Macromedia Flash 8

usahawan-maju

Usahawan-maju | Cara Membuat Jam Digital dengan Macromedia Flash 8 - Saat membuat ini saya juga sedang belajar membuat animasi dengan macromedia flash yang diajarkan di matakuliah Praktek Multimedia. Kebetulan baru sampai tahap membuat jam digital, kemudian saya share saja sekaligus untuk bahan saya belajar dan mengingat kembali materi yang di ajarkan. Pada tutorial kali ini minimal saya anggap pembaca sudah bisa menggunakan macromedia flash minimal tahu cara meletakkan script dan membuat design dengan tool yang disediakan pada macromedia flash 8. 
Silahkan coba anda desain tampilan dasar sebagi berikut :


Penjelasan pada gambar :
- Perhatikan pada gambar terdapat 2 layer dengan nama layer 1 dan script jam
- Perhatikan bahwa text 00  pada bagian awal aktif dan pada properties Var (Variable) saya isikan jam. Ini berfungsi sebagai name yang akan dipanggil saat program dijalankan. Lakukan langkah ini pada 00 yang kedua dengan isi Var = menit dan Var pada 00 terakhir dengan detik.

Cek ulang apakah sudah sesuai dengan petunjuk diatas, kalau sudah silahkan ketikkan script berikut pada layer script jam (bukan di layer1)


stop();
onEnterFrame = function()
{
  waktu= new Date();
  jam= waktu.getHours();
  menit=waktu.getMinutes();
 detik=waktu.getSeconds();
     if(jam<10)
{ jam="0"+jam;   }
     if(menit<10)
{ menit="0"+menit; }
    if(detik<10)
       { detik="0"+detik;  }
}
Kalau sudah selesai mengetikkan bisa anda testing dengan menjalankan proejct yang anda buat dengan klik control - test Movie atau (ctrl + Enter ).
Kurang lebih hasilnya sebagai berikut :


usahawan-maju
Cara Membuat Jam Digital dengan Macromedia Flash 8 | 5