Session Handling di PHP

usahawan-maju

usahawan-maju | Session Handling di PHP -

Terimakasih sudah sabar membaca artikel yang saya postingkan dalam blog saya ini. Pada postingan ini bisa jadi kelanjutan dari postingan sebelumya yaitu Session Handling Apa Cookies Pada PHP . Seperti yang kita bayangkan pada dasarnya cara kerja session sama dengan cara kerja cookies atau get. Namun sebelum tahu cara kerja sebenarnya, sebaiknya kita berkenalan dengan beberapa fungsi session yang juga penting:

Pertama : session_start()

Biasa digunakan untuk memulai session/melanjutkan session yang telah distart sebelumnya. Dalam penggunaannya, fungsi ini harus ditulis pada bagian paling atas halaman sebelum anda menuliskan kode html atau output apapun dari php,hal ini dikarenakan fungsi ini merupakan bagian dari HTTP header.

Kedua : session_register() .


Biasa dipakai untuk meregister variabel session. Jika variabel telah diregister, variable akan tetap eksis sampai session ditutup. Type fungsi ini termasuk tipe boolean yang menghasilkan keluaran TRUE bila variabel berhasil diregister dan FALSE jika gagal. Setelah variabel diregister, maka nilainya akan tersedia dalam array asosiatif yang bernama $HTTP_SESSION_VARS[“nama_variabel”] atau pada PHP yang versinya lebih baru tersedia $_SESSION[‘nama_variabel’]. Dimana variabel-variabel ini bersifat superglobal.

Contoh, misalkan kita akan meregister variabel bernama userid


session_register(“userid”);

Sehingga untuk mengisi userid dengan nilai 100.

$HTTP_SESSION_VARS["userid"] = 100;  Atau   $_SESSION[“userid”] = 100;

Atau bisa juga dengan cara yang lebih sederhana:     $userid = 100;

Kemudian cara yang terakhir bisa dilakukan bila option register_globals bernilai on (pada file konfigurasi php.ini). Dengan begitu userid tersedia sebagai variabel global $userid dan dapat diakses langsung. Pada PHP versi 4.2 ke atas, biasanya option ini dinonaktifkan dengan alasan keamanan. Setiap skrip yang ingin memakai variabel session, harus memulai session dahulu dengan fungsi session_start() yang dipanggil di awal skrip sebagai header.

Ketiga : session_unregister()


Digunakan untuk mengunregister variabel dari suatu session.

Keempat : session_destroy()


Menghancurkan semua variabel yang berhubungan dengan session. (fungsi-fungsi lainnya, dapat dilihat di referensi PHP ).

http://usahawan-maju.blogspot.com/2014/12/session-handling-di-php.html

Saya rasa sekian dulu postingan kali ini, semoga bisa dipahami dan bernfaat untuk Anda yang sedang belajar memahami session dan mengaplikasikannya di halaman web atau applikasi online dengan pemrograman PHP yang telah tersedia. Jangan luba baca artikel saya yang lainnya.

usahawan-maju
Session Handling di PHP | 5