Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

usahawan-maju

usahawan-maju | Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

- Merawat laptop merupakan kebiasaan yang gampang namun susah untuk dilakukan. Keadaan ini dikarenakan pemilik dari laptop tersebut yang terkadang lupa atau malas melakukan perawatan itu sendiri. Memang agak aneh, kenapa malas untuk merawat? bisa disebabkan karena pemilik yang tidak tahu/tidak mau belajar menjaga laptopnya, atau karena memang sudah tahu namun tidak mau ribet. 

Dirawat atau tidak, yang namanya elektronik pasti akan rusak, namun usia pemakaian akan semakin lama jika perawatan laptop itu dilakukan dengan baik dan benar. Banyak orang kecendrungan berfikir merawat itu cukup hanya terlihat dari luar bersih dan tidak kotor, namun itu tidak cukup berlaku untuk laptop.
  • Membersihkan keyboard 

  • Untuk membersihkan keyboard laptop yang kotor karena jari tangan berminyak, atau debu. Cara membersihkannya, ambil kuas kemudian sapukan pada sela-sela tombol agar kotoran tersebut keluar, bisa juga gunakan vacum cleaner portabel untuk menyedot debu tersebut. Bersihkan permukaan tombol dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Jika ingin lebih aman lagi gunakan proteksi keyboard untuk mencegah kotoran masuk sela-sela.
  • Membersihkan Layar Kaca /LCD Laptop. 

  • Semprotkan cairan pembersih layar pada kain halus atau katun, kemudian poles layar lcd. Usahakan jangan menyemprotkan secara langsung pada layar, karena dimungkinkan bisa menyebabkan pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) jadi belang. Jangan lupa cara membersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan,dan jangan menekannya terlalu keras.
  • Hindarkan Dari Panas Matahari,

  • Caranya yaitu dengan jangan meninggalkan laptop di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Karena panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen laptop.
  • Hindarkan Dari Goresan 

  • Hindarkan dari benda-benda tajam yang ada di sekitar laptop, bila memungkinkan bisa dengan salah satu upaya taruh lapisan pelindung di atas keyboard sebelum sobat menutup case, sehingga layar tak tergores.
  • Tangan yang Kotor dan Berminyak 

  • Masalah ini merupakan salah satu penyebab warna case tidak lagi mengkilat. Untuk mengatasinya bisa gunakan deterjen non-zat alkalin dicampur air. Namun bisa pula dengan pembersih multiguna untuk piranti elektroniknya, yang biasanya berupa busa dengan cara semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case.
  • Menyimpan Laptop

  • Bila akan menyimpan laptop dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara yang baik. Jangan lupa taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Kalau ingin menggunakannya kembali, jangan lupa charge baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.
  • Hindarkan Medan Magnet 

  • Jangan sampai kelupaan untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan sampai meletakkan piranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar laptop. Piranti-piranti penghasil medan magnet, misalnya spiker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya sobat ingin mengakses internet menggunakan fasilitas pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari laptop.
Demikian beberapa  Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama, tentunya masih banyak lagi cara yang belum saya bahas, namun beberapa cara di atas sudah cukup bisa diandalkan jika anda ingin merawat laptop agar bisa digunkan hingga waktu yang lama masa pemakaian elektronik. Jika laptop anda bisa bertahan dalam waktu lama masa pemakaiannya, hal ini tentu saja menguntungkan bagi anda, karena tidak perlu membeli laptop baru. Pastinya akan menghemat pengeluaran anda dalam berbelanja elektronik.

http://usahawan-maju.blogspot.com/2014/10/cara-merawat-laptop-agar-awet-dan-tahan.html


usahawan-maju
Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama | 5