Mengenal Konsep Augmented Reality atau Realitas Tambahan

usahawan-maju


usahawan-maju - Augmented Reality atau yang biasa disebut AR atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Realitas tertambah merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Dalam penggabungan ini kemudian bisa dimaksimalkan dengan kemampuan berinteraksi secara langsung dengan objek tersebut (objek yang dimunculkan dengan teknologi AR). 
Mungkin bisa dicontohkan, Ada 2 buah poster dengan gambar yang berbeda. Pada saat salah satu poster tersebut diarahkan pada kamera, tiba-tiba muncul animasi 3D yang bergerak dengan mempraktekan gerakan ilmu silat ,  Misalnya tokoh yang ditampilkan yaitu Hero A. Kemudian dari gambar poster yang ke dua,  dibuat tokoh ksatria berwarna hitam sebut saja Hero B. Saat kedua poster digabungkan, kita bisa memunculkan interaksi di antara dua tokoh yang sebelemnya ditampilkan.Misalnya mereka yang saling berkelahi. Hebatkan teknologi augmented reality!.
Bisa disipulkan, secara garis besar AR merupakan suatu penggabungan antara sesuatu dari dunia nyata dengan sesuatu yang bersifat maya.
Teknologi AR memang sudah diimpikan sejak dulu dan sering muncul di film ataupun anime Jepang. Jika Anda sering membaca komik Dragon Ball, dengan kacamata yang digunakan untuk mengukur tenaga lawan oleh karakter di komik tersebut adalah salah satu kemampuan menggunakan teknologi AR. Begitu juga film Hollywood seperti Minority Report (2003) yang menggunakan teknologi komputer AR, serta Iron Man 2 (2010) lewat asisten komputernya, Jarvis. oke sekian postingan saya hari ini tentang Augmented Reality yang  wow banget. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :




usahawan-maju
Mengenal Konsep Augmented Reality atau Realitas Tambahan | 5